Sabtu, 11 Juni 2011

Pengaruh Kecepatan Cetak Printer Terhadap Tinta

Apakah kecepatan mencetak pada mesin printer turut mempengaruhi penggunaan tinta, dalam artian semakin cepat cepat maka semakin boros penggunaan tintanya?

Kecepatan cetap printer berhubungan langsung dengan kinerja mesin printer untuk menghasilkan dokumen yang dihitung dalm satuan IPM (image perminute) atau PPM (paper per minute), yaitu banyaknya lembar kertas yang bisa dicetak dalam satu menit.

Sedangkan penggunaan tinta berhubungan langsung dengan tingkat kualitas tulisan atau gambar yang dicetak. Setiap mesin printer memiliki beberapa pilihan untuk kualiatas cetak mulai dari tingkat ketajaman atau resolusi yang rendah (biasa pilihan ini disebut draft), standar (default), dan berkualitas tinggi (high resolution, professional, best quality). Saat ini, mesin printer tidak hanya digunakan untuk mencetak dokumen saja tetapi juga mencetak foto dengan kualitas lap yang turut berpengaruh terhadap penggunaan tinta.

Menanggapi kebutuhan cetak yang semakin bervariatif, beberapa produsen produsen printer berinovasi dengan menyediakan "individual cartridge ink" khususnya tinta warna. Setiap tinta warna berada dalam cartridge yang berbeda-beda sehingga dapat meningkatkan efisiensi penggunaan. Tidak seperti cartridge konvensional yang memuat tiga warna sekalugus dalam satu cartridge (biasanya warna biru, merah dan kuning), sehingga bila salah satu warnanya habis maka pengguna harus mengganti seluruh tintanya walaupun masih tersisa untuk warna lainnya.


Sumber : CHIP edisi 04/2010--
Cium peluk membabi buta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar